Kesehatan

5 Makanan Yang Memiliki Banyak Nutrisi di Planet Ini

Makanan Yang Memiliki Banyak Nutrisi

Hanya ada jumlah terbatas makanan yang bisa Anda makan dalam satu hari. Untuk memaksimalkan jumlah nutrisi yang Anda ambil, masuk akal untuk menghabiskan anggaran kalori Anda dengan bijak. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan hanya memakan makanan yang mengandung jumlah dan variasi nutrisi terbesar.

Berikut Adalah 5 Makanan Paling Padat Nutrisi di Planet Ini

1. Salmon

Tidak semua ikan diciptakan sama.

Salmon – dan jenis ikan berlemak lainnya – mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah terbesar.

Omega-3 sangat penting untuk fungsi optimal tubuh Anda. Mereka terkait dengan peningkatan kesejahteraan dan risiko lebih rendah dari banyak penyakit serius.

Meskipun salmon terutama dihargai karena komposisi asam lemaknya yang bermanfaat, salmon juga mengemas sejumlah besar nutrisi lainnya.

Sepotong salmon liar 100 gram mengandung 2,8 gram omega-3, bersama dengan banyak protein hewani berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral, termasuk sejumlah besar magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B (2).

Sebaiknya makan ikan berlemak setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan semua omega-3 yang dibutuhkan tubuh Anda.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, demensia, depresi, dan banyak penyakit umum lainnya.

Juga, salmon rasanya enak dan cukup sederhana untuk disiapkan. Ini juga cenderung membuat Anda merasa kenyang dengan kalori yang relatif sedikit.

Jika Anda bisa, pilihlah salmon liar alih-alih diternak. Ini lebih bergizi, memiliki rasio omega-6 ke omega-3 yang lebih baik dan cenderung mengandung kontaminan.

2. Kale

Dari semua sayuran hijau yang sehat, kangkung adalah raja.

Itu sarat dengan vitamin, mineral, serat, antioksidan dan berbagai senyawa bioaktif.

Sepotong kale 100 gram mengandung:

Vitamin C: 200% dari RDI
Vitamin A: 300% dari RDI
Vitamin K1: 1.000% dari RDI
Vitamin B6, potasium, kalsium, magnesium, tembaga, dan mangan dalam jumlah besar
Jumlah yang sama memiliki 2 gram serat, 3 gram protein dan hanya 50 kalori.

Kale bahkan mungkin lebih sehat daripada bayam. Keduanya sangat bergizi, tetapi kangkung lebih rendah oksalat, yang merupakan zat yang dapat mengikat mineral seperti kalsium di usus Anda, mencegahnya diserap.

Kale dan sayuran hijau lainnya juga kaya akan berbagai senyawa bioaktif, termasuk isothiocyanate dan indole-3-carbinol, yang telah terbukti dapat melawan kanker dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan.

3. Rumput Laut

Laut memiliki lebih dari sekedar ikan. Ini juga mengandung banyak vegetasi.

Ada ribuan spesies tanaman berbeda di lautan, beberapa di antaranya sangat bergizi. Biasanya, mereka disebut secara kolektif sebagai rumput laut.

Rumput laut populer dalam hidangan seperti sushi. Banyak hidangan sushi juga termasuk jenis rumput laut yang dikenal sebagai nori, yang digunakan sebagai pembungkus yang dapat dimakan.

Dalam banyak kasus, rumput laut bahkan lebih bergizi daripada sayuran darat. Ini sangat tinggi mineral seperti kalsium, besi, magnesium dan mangan.

Ini juga sarat dengan berbagai senyawa bioaktif, termasuk phycocyanin dan karoten. Beberapa zat ini adalah antioksidan dengan kemampuan antiinflamasi yang kuat.

Tetapi rumput laut benar-benar bersinar dalam kandungan yodiumnya yang tinggi, mineral yang digunakan tubuh Anda untuk membuat hormon tiroid.

Hanya makan rumput laut yodium tinggi seperti rumput laut beberapa kali per bulan dapat memberikan tubuh Anda semua yodium yang dibutuhkan.

Jika Anda tidak menyukai rasa rumput laut, Anda juga bisa meminumnya dalam bentuk suplemen. Tablet rumput laut kering sangat murah dan sarat dengan yodium.

4. Bawang putih

Bawang putih benar-benar bahan yang luar biasa.

Tidak hanya itu bisa mengubah semua jenis hidangan hambar lezat, itu juga sangat bergizi.

Ini tinggi vitamin C, B1 dan B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, dan selenium.

Bawang putih juga kaya akan senyawa sulfur bermanfaat seperti allicin.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa allicin dan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol LDL total dan “buruk”. Ini juga meningkatkan kolesterol HDL “baik”, yang berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

Ia juga memiliki berbagai sifat melawan kanker. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak bawang putih memiliki risiko jauh lebih rendah dari beberapa kanker umum, terutama kanker usus besar dan perut.

Bawang putih mentah juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang signifikan.

5. Kerang

Banyak hewan laut yang kaya nutrisi, tetapi kerang-kerangan adalah yang paling bergizi.

Jenis kerang yang biasa dikonsumsi termasuk kerang, tiram, kerang, dan remis.

Kerang adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik yang ada, dengan 100 gram kerang memasok lebih dari 16 kali RDI. Mereka juga sarat dengan vitamin C, berbagai vitamin B, potasium, selenium dan zat besi.

Tiram juga sangat bergizi. Hanya 100 gram yang memasok 600% RDI untuk seng, 200% RDI untuk tembaga dan sejumlah besar vitamin B12, vitamin D dan beberapa nutrisi lain.

Padahal kerang adalah salah satu makanan paling bergizi di dunia.

Sumber : 

http://sigalonenvironment.soup.io/tag/schools

https://thrivingschools.kaiserpermanente.org/health-care-systems-and-schools-working-together-for-healthier-food-options/

http://www.cn.nysed.gov/content/farm-school-map-list

https://connect.clickandpledge.com/w/Form/13bc2e32-240d-4d44-b7db-55a5ba1dcac1

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply