Tips

Ikuti Tips Berikut Ini Jika Anda Tidak Ingin Rambut Anda Terus Rontok

rambut rontok

Sebanyak dua dari tiga wanita akan mengalami rambut menipis, bahkan menurut studi tingkat stress yang melanda masyarakat saat ini makin meningkatkan prosentase kerontokan rambut. Apalagi jika terkena hujan kepagian.

Jika anda memiliki rambut yang sudah halus atau rambut anda telah menipis akhir-akhir ini (rambut normal akan kehilangan kira-kira 100 helai rambut perhari, namun secara siginifikan tidak lebih dari biasanya). Mungkin sudah saatnya  merubah rutinitas anda untuk mencegah kerusakan kerontokan yang lebih buruk lagi.

Untuk menjaga rambut anda yang menipis berikut kita akan membahas 6 tips tentang bagaimana untuk mengobati, mencegah menipisnya helai rambut.

1. Mengendurkan ketegangan rambut

Terus menerus menarik rambut dan dengan memasukkan kedalam tali rambut seperti ekor kuda akan menyebabkan ketegangan pada helai rambut anda. Pengeringan rambut secara berlebihan secara langsung dengan menggunakan blow atau mengenakan extension tanpa memberikan rambut anda istirahat setiap beberapa bulan secara permanen dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Bagi anda yang mempunyai rambut tipis disarankan agar memilih gaya yang longgar saat rambut diikat daripada ketat di sepanjang waktu. Anda cukup menata rambut anda dengan menggunakan jari-jari anda sebelum rambut dikeringkan. Sebelum styling biarkan rambut beristirahat dan hindarkan dari produk produk styling lainnya yang akan membuat helai rambut menjadi tambah tipis.

2. Selalu gunakan conditioner

Tidak menggunakan conditioner adalah salah satu kesalahan terbesar yang membuat rambut wanita menjadi lebih halus. Sebab rambut tipis mungkin secara alami tidak menggunakan conditioner dan bahkan tidak menggunakan semprotan atau perawatan rambut apapun juga.

Seiring waktu kurangnya hidrasi menyebabkan rambut menjadi rusak dan rapuh, menyebabkan diameter masing-masing untai menjadi menjadi lebih kecil. Anda menghindari conditioner yang diformulasikan untuk rambut yang sangat rusak.

Memakai conditioner yang mengandung panthenol dan gliserin yang melembabkan dan mendukung penebalan rambut. Bahan-bahan ini menjaga rambut rapuh yang kuat dan responsif styling.

3. Hindarkan dari alat styling yang panas

Batang rambut halus atau rambut yang menipis dapat mudah patah dibawah suhu panas tinggi, jadi jangan menggunakan alat pemanas atau pengering rambut. Namun jika anda rutin menggunakan blow dry maka harus menggunakan semprotan pelindung pada rambut anda.

Jika anda terpaksa diharuskan menggunakan alat-alat seperti pelurus rambut ataupun dry blow yang cukup panas maka anda dapat melindungi rambut anda dengan semprotan berbahan dasar dimethicone dan gliserin untuk mencegah kerusakan pada masa mendatang dan membuat rambut anda terhindar dari dehidrasi.

4. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Apa yang anda makan sedikit banyak akan memiliki pengaruh pada kesehatan rambut anda. Rambut adalah bagian dari tubuh yang membutuhkan bahan bakar konstan dalam bentuk asam lemak esensial, protein, vitamin B dan mineral seperi seng, besi dan selemium untuk rambut tumbuh sehat.

Namun jangan berharap mengkonsumsi makanan yang bernutrisi lalu seminggu kemudian langsung terlihat hasil nya. Segala asupan vitamin dan mineral yang anda konsumsi akan terlihat hasilnya pada rambut anda setelah beberapa bulan. Rambut dibangun dari dalam melalui asupan vitamin dan mineral sehingga tubuh yang sehat penting untuk rambut yang sehat, tetapi akan memakan waktu jika anda tidak mendapatkan cukup nutrisi tersebut untuk sementara waktu.

5. Selalu perhatikan tubuh anda

Terkadang rambut meninipis disebabkan oleh faktor medis, seperti masalah tiroid, penurunan berat badan yang berlebihan dan anemia. Siklus menstruasi bahkan dapat menyebabkan rambut rapuh sehingga kehilangan terlalu banyak kehilangan zat besi.

Adanya ketidak-seimbangan hormon sangat erat kaitannya dengan bagaimana tubuh anda bekerja secara umum. Ketika anda beranjak tua bahkan usia 30-an tubuh anda berubah sehingga anda ingin menjadi selaras dengan apa yang terjadi. Jika ada sesuatu yang nampak berbeda dengan sistem tubuh anda, maka berkonsultasilah dengan dokter sampai ke akar masalah, jangan dibiarkan berlarut-larut.

6. Mengetahui sejarah keluarga anda

Keturunan juga memiliki peran dalam hal kerontokan. Anda menjadi rentan terhadap penipisan rambut berdasarkan pada faktor genetika. Cara baik yang harus diketahui ada atau tidaknya tanda-tanda kerusakan rambut ada pada anggota keluarga anda dari sisi ayah atau ibu.

Jika anda melihat pola rambut rontok atau botak maka yang dapat anda lakukan adalah mencegahnya dengan mengkonsumsi suplemen, perubahan diet atau terapi laser yang bisa membantu pertumbuhan rambut anda.

No Comments

Leave a Reply