General

Pencegahan Ketombe: 7 Makanan Anti Ketombe yang Dapat Mencegah Gangguan Ketombe

ketombe-gatal

Makanan Anti Ketombe

Temukan makanan sehat yang membantu mencegah ketombe! Daftar makanan di bawah ini mencakup beberapa makanan anti-ketombe terbaik yang ditawarkan Ibu Alam. Tidak ada pil, hanya makanan murni dan sehat dengan sifat berketombe.

Perhatikan bahwa bagian ini berfokus pada makanan yang dapat membantu mencegah dan mengobati ketombe. Jika Anda tertarik dengan informasi yang lebih umum tentang nutrisi dan ketombe, kunjungi bagian diet panduan ini.

# 1: Jahe

manfaat jahe

Jahe meningkatkan pencernaan yang pada gilirannya dapat membantu mencegah ketombe.

Jahe, salah satu rempah tertua di dunia, diketahui telah digunakan di China pada awal 400 SM. Selama ribuan tahun, jahe telah digunakan untuk membantu pencernaan lemak dan protein makanan, dan untuk menenangkan dan menenangkan saluran pencernaan. Efek ini bisa sangat bermanfaat bagi orang yang ketombenya disebabkan oleh pencernaan yang tidak tepat. Selain itu, jahe bisa membantu melawan ketombe karena sifat anti jamur dan anti bakteri yang kuat. Jahe segar, yang konon merupakan bentuk jahe paling efektif, tersedia sepanjang tahun di bagian produksi supermarket.

# 2: Buncis

manfaat-buncis

Buncis (juga dikenal sebagai kacang Garbanzo) adalah makanan yang sangat serbaguna dengan rasa seperti kacang yang kaya dan konsistensi mentega yang menarik. Mereka adalah makanan pokok dalam masakan India dan Timur Tengah dan bahan utama dalam piring seperti falafels dan hummus. Mereka juga merupakan makanan enak untuk ditambahkan ke makanan repertoar jika Anda menderita ketombe karena mengandung dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk melawan ketombe: vitamin B6 dan seng. Di beberapa belahan dunia, pasta yang terbuat dari tepung kacang, air, dan dadih dioleskan langsung pada kulit kepala untuk mengurangi ketombe.

# 3: Biji Bunga Matahari

manfaat-biji-bunga-matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda tambahkan ke makanan Anda jika Anda khawatir tentang ketombe. Benih mencicipi ringan ini dikemas dengan nutrisi yang berkontribusi pada rambut sehat dan bebas ketombe. Biji bunga matahari merupakan sumber seng yang membantu produksi sebum. Mereka juga merupakan sumber vitamin B6 (piridoksin) yang sangat baik, dengan satu cangkir memberikan 31% asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin B6 sangat penting untuk penyerapan zinc dari usus, namun juga memiliki beberapa sifat pereda ketombe: vitamin B6, bersama dengan vitamin kompleks B lainnya (juga berlimpah dalam biji bunga matahari), memainkan peran penting dalam makanan. proses metabolisme. Telah dihipotesiskan bahwa metabolisme yang tidak efisien mungkin menjadi salah satu penyebab utama ketombe.

# 4: Pepaya

manfaat-pepaya

Terrain sebagai “buah para malaikat” oleh Christopher Columbus, pepaya adalah pusat tenaga gizi sejati dan makanan enak untuk disertakan dalam makanan Anda jika Anda ingin memberikan dorongan kesehatan kepada diri sendiri. Pepaya juga mengandung papain, enzim unik yang dikenal membantu pencernaan protein. Ini adalah berita bagus bagi orang-orang yang ketombenya terkait dengan pencernaan yang buruk. Papain lebih terkonsentrasi pada pepaya mentah hijau daripada pepaya yang sudah matang. Pepaya hijau, yang seringkali lebih mudah didapat di toko makanan Asia, membuat tambahan yang bagus untuk salad.

# 5: Bawang putih

khasiat-bawang-putih

Sejak zaman kuno, bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Telah terbukti efektif dalam mempromosikan kesehatan kardiovaskular dan mencegah kanker, namun ada juga beberapa bukti bahwa obat ini juga bermanfaat bagi penderita ketombe karena konsentrasi allicin yang tinggi. Allicin adalah senyawa anti jamur alami yang ditemukan pada bawang putih – dan anggota keluarga Allium lainnya seperti bawang merah dan bawang merah – saat tanaman dihancurkan atau dipotong.

# 6: Gandum

manfaat-gandum

Gandum adalah makanan yang bagus untuk disertakan dalam makanan Anda jika Anda memiliki ketombe. Gandum adalah sumber terkonsentrasi vitamin B6 (piridoksin), dengan secangkir kuman gandum mentah hanya memberikan 75% asupan vitamin B6 yang direkomendasikan setiap hari! Ini juga merupakan sumber vitamin B dan seng lainnya. Cobalah menambahkan bibit gandum ke roti, sereal, muesli, milk shake, atau pancake – ini membuat penambahan yang sangat bergizi namun tidak terdeteksi! Saat menyimpan kuman gandum, ingatlah bahwa ia akan cepat tengik karena kandungan lemaknya yang tidak jenuh. Untuk mengoptimalkan masa simpan makanan bergizi ini, simpan di wadah tertutup di tempat yang sejuk dan kering dari paparan sinar matahari.

# 7: Apel

apples

Sebuah apel sehari membuat dokter pergi, pergi pepatah lama. Tapi menurut banyak naturopath, apel juga bisa menjaga ketombe. Nikmati apel sebagai camilan sederhana, iris menjadi oatmeal, atau aduk salad buah (untuk lebih banyak ide, lihat 10 Cara untuk Menggunakan Apel) Tapi pastikan untuk membeli buah yang tumbuh secara organik: bersama dengan buah persik, apel di atas daftar buah-buahan yang mengandung tingkat tertinggi pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya (bila ditanam secara konvensional).

 

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply